setelah tadi yang ke 9,kita beralih yang ke Sepuluh.Lets Go..........
10.Spider web
Mesin pencari atau Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan.
Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari
dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam
bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun
rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web,
gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga
diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan
dalam suatu basisdata ataupun direktori web.
Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basisdata tertutup, di antaranya yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo!). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber terbuka (open source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS
Sejarah
Saat awal perkembangan internet, Tim Berners-Lee membuat sebuah situs web yang berisikan daftar situs web yang ada di internet melalui peladen web CERN. Sejarah yang mencatat sejak tahun 1992 masih ada hingga kini.[2]
Dengan semakin banyaknya situs web yang aktif membuat daftar ini tidak
lagi memungkinkan untuk dikelola oleh manusia. Utilitas pencari yang
pertama kali digunakan untuk melakukan pencarian di internet adalah Archie yang berasal dari kata "archive" tanpa menggunakan huruf "v".[3]
Archie dibuat tahun 1990 oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter
Deutsch, saat itu adalah mahasiswa ilmu komputer Universitas McGill, Amerika Serikat. Cara kerja program tersebut adalah mengunduh daftar direktori serta berkas yang terdapat pada layanan ftp publik (anonim) kemudian memuatnya ke dalam basisdata yang memungkinkan pencarian.
Mesin pencari lainnya seperti Aliweb,
muncul di 1993 dan masih berjalan hingga saat ini. Salah satu mesin
pencari pertama yang sekarang berkembang menjadi usaha komersial yang
cukup besar adalah Lycos, yang dimulai di Carnegie Mellon University sebagai proyek riset di tahun 1994.
Segera setelah itu, banyak mesin pencari yang bermunculan dan bersaing memperebutkan popularitas. Termasuk di antaranya adalah WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista. Masing-masing bersaing dengan menambahkan layakan-layanan tambahan seperti yang dilakukan oleh Yahoo.
Tahun 2002 Yahoo! mengakuisisi Inktomi, setahun kemudian mengakuisisi AlltheWeb dan Altavista
kemudian meluncurkan mesin pencari sendiri yang didasarkan pada
teknologi gabungan dari mesin-mesin pencari yang telah diakuisisinya
serta memberikan layanan yang mengutamakan pencarian Web daripada
layanan-layanan lainnya.
Di bulan desember 2003, Orase
menerbitkan versi pertama dari teknologi pencari waktu-riilnya. Mesin
ini memiliki banyak fungsi baru dan tingkat unjuk kerja yang jauh lebih
baik.
Mesin pencari juga dikenal sebagai target investasi internet yang terjadi pada akhir tahun 1990-an.
Beberapa perusahaan mesin pencari yang masuk ke dalam pasar saham
diketahui mencatat keuntungan besar. Sebagian lagi sama sekali
menonaktifkan layanan mesin pencari, dan hanya memasarkannya pada
edisi-edisi enterprise saja, contoh Northern Light sebelumnya diketahui merupakan salah satu perintis layanan mesin pencari di internet.
Buku Osmar R. Zaïane From Resource Discovery to Knowledge Discovery on the Internet menjelaskan secara rinci sejarah teknologi mesin pencari sebelum munculnya Google. Mesin-mesin pencari lainnya mencakup a9.com, AlltheWeb, Ask Jeeves, Clusty, Gigablast, Teoma, Wisenut, GoHook, Kartoo, dan Vivisimo.
Pentingnya mesin pencari optimasi
Salah satu alasan yang menyebabkan diperlukan mesin pencari optimasi adalah karena ada banyak World Wide Web Wanderer yang sudah ada, dan akan terus bertambah di setiap bulannya.
Sebagai Contoh, seseorang mempunyai World Wide Web Wanderer
untuk menjual produk pertanian maka di Indonesia akan ada puluhan atau
ratusan Website sejenis. Sementara itu, jika ingin melihat segmen dunia
maka akan lebih banyak lagi jumlahnya. Untuk itu, dengan menempatkan
posisi di tingkat ada dalam hasil pencarian maka akan membuat website
pengguna tersebut ibarat toko strategis yang terletak di tepi jalan
besar. Dengan SEO yang bagus maka kemungkinan website anda dikunjungi
oleh orang lain akan lebih besar.
Dengan Kaidah SEO yang bagus, website menggunakan lebih jelas atau
keluhan sehingga akan lebih diperhatikan oleh mesin pencari. itulah inti
dari SEO, yaitu untuk membuat website anda diperhatikan oleh mesin
pencari.
11Bandwith
Bandwidth / Lebar pita (bahasa Inggris: bandwidth) dalam teknologi komunikasi adalah perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam rentang tertentu. Sebagai contoh, line telepon memiliki bandwidth 3000Hz (Hertz), yang merupakan rentang antara frekuensi tertinggi (3300Hz) dan frekuensi terendah (300Hz) yang dapat dilewati oleh line telepon ini.
Pengertian bandwidth
Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam kerangka ini, Bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz. sinyal suara tipikal mempunyai Bandwidth sekitar 3 kHz, analog TV broadcast (TV) mempunyai Bandwidth sekitar 6 MHz.
Bandwidth (lebarpita) dalam ilmu computer adalah suatu penghitungan
konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi. Dihitung dalam
satuan bits per seconds (bit per detik). Perhatikan bahwa bandwidth yang
tertera komunikasi nirkabel, modem transmisi data, komunikasi digital,
elektronik, dll, adalah bandwidth yang mengacu pada sinyal analog yang
diukur dalam satuan hertz (makna asli dari istilah tersebut) yang lebih
tepat ditulis bitrate daripada bits per second.
Dalam dunia web hosting, bandwidth capacity (kapasitas lebarpita)
diartikan sebagai nilai maksimum besaran transfer data (tulisan, gambar,
video, suara, dan lainnya) yang terjadi antara server hosting dengan
komputer klien dalam suatu periode tertentu. Contohnya 5 GB per bulan,
yang artinya besaran maksimal transfer data yang bisa dilakukan oleh
seluruh klien adalah 5 GB, jika bandwidth habis maka website tidak dapat
dibuka sampai dengan bulan baru. Semakin banyak fitur di dalam website
seperti gambar, video, suara, dan lainnya, maka semakin banyak bandwidth
yang akan terpakai.
12.Jaringan wilayah lokal(LAN)
Jaringan wilayah lokal (bahasa Inggris: local area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet
menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data
10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi
802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal.
Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai
dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa
data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
- Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
- Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
- Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.
Sejarah
Peningkatan permintaan dan penggunaan komputer di universitas dan
laboratorium riset pada akhir tahun 1960an membutuhkan tersedianya
interkoneksi kecepatan tinggi antar sistem komputer. Sebuah laporan dari
Lawrence Radiation Laboratory pada tahun 1970 menjelaskan pertumbuhan jaringan Octopus mereka memberikan indikasi situasi yang bagus.
Cambridge Ring dibangun di Universitas Cambridge pada tahun 1974 namun tidak sukses sampai ke tahap produk komersial.
Ethernet dibangun di Xerox PARC tahun 1973 - 1975 dan dipatenkan di Amerika (U.S. Patent 4.063.220). Pada tahun berikutnya setelah sistem selesai dibangun di PARC, Metcalfe dan Boggs mengumumkan makalah "Ethernet: Distributed Packet-Switching For Local Computer Networks."
ARCNET dibangun oleh perusahaan Datapoint
pada tahun 1976 dan diumumkan tahun 1977. Itu adalah instalasi
komersial pertama dibuka pada bulan Desember 1977 di Chase Manhattan
Bank New York.
I3. Jaringan wilayah metropolitan(MAN)
Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan,
dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN.
Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan
yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota
antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
Implementasi
Beberapa teknologi yang digunakan untuk tujuan ini adalah
Asynchronous Transfer Mode (ATM), FDDI, dan SMDS. Teknologi ini sekarang
dalam proses digantikan oleh Ethernet berbasis koneksi (misalnya, Metro
Ethernet) di kebanyakan daerah. MAN menghubungkan antara jaringan area
lokal yang telah dibangun tanpa kabel baik menggunakan microwave, radio,
atau laser link infra-merah. Sebagian besar perusahaan menyewa atau
meminjam sirkuit dari operator umum karena peletakan kabel panjang
secara membentang berbiaya mahal.
I4Jaringan area luas (WAN)
Jaringan area luas (bahasa Inggris: Wide Area Network; WAN ) merupakan jaringan komputer
yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer
antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga
sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal
yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau
komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan
komputer di lokasi yang lain.
I5. Warriors Of the Net(Perjalanan Data di Internet)

Pada posting kali ini saya akan mengulas film Warrior of The Net. Sebuah film yang membahas tentang proses perjalanan data dalam jaringan internet.
Perangkat yang terlibat meliputi :
- TCP Packet Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) adalah satu set aturan standar komunikasi data yang digunakan dalam proses transfer data dari satu komputer ke komputer lain di jaringan komputer tanpa melihat perbedaan jenis hardware. Protokol TCP/IP dikembangkan dalam riset pertama kali oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) di Amerika Serikat dan paling banyak digunakan saat ini yang implementasinya dalam bentuk perangkat lunak (software) di system operasi. Protokol TCP/IP dikembangkan dalam riset pertama kali oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) di Amerika Serikat dan paling banyak digunakan saat ini yang implementasinya dalam bentuk perangkat lunak (software) di system operasi.
- UDP Packet Packet yang digunakan untuk mengirimkan pesan pendek yang disebut datagram antar sesama program dalam jaringan
- Router Komputer yang software dan hardwarenya diperuntukkan untuk melakukan routing dan forwarding. Router menyambungkan dua atau lebih subnet.
- Ping of Death Packet yang mengandung lebih dari 65,536 byte, yang merupakan jumlah maksimum dari ukuran IP packet. Ping semacam ini dapat mengakibatkan crash pada komputer penerima ping.
- Router Switch Suatu alat dalam jaringan yang menghubungkan beberapa segment dalam network.
Film “Warrior of the Net”
menjelaskan tentang proses perjalanan data di dalam jaringan internet.
Perjalanan data di mulai ketika misalnya kita sedang mengklik sebuah
alamat link (semisal http://www.facebook.com). Pertama-tama data
tersebut masih berupa bit-bit yang kemudian dikemas menjadi paket-paket
data. Pada setiap paket data diberikan label yang berisi informasi
penting seperti alamat pengirim, alamat penerima, jenis paket, serta
alamat proxy.
Setelah
diberikan label yang berisi informasi penting tersebut, paket data
tersebut akan masuk ke dalam jaringan LAN(Local Area Network) dimana di
dalam jaringan LAN ini terdapat banyak sekali paket data yang
berlalu-lalang. Paket-paket data tersebut seperti TCP packet, UDP packet, ICMP ping packet,
sehingga tidak menutup kemungkinan akan terjadi collision atau tabrakan
antar paket. Untuk menghindari terjadinya collision tersebut maka
terdapat Router atau penghala. Router akan membaca alamat pada
paket-paket data tersebut dan memindahkan paket-paket tersebut ke alamat
yang dituju. Dalam penanganan oleh Router, tidak menutup kemungkinan
ada paket data yang hilang.
Setelah melewati Router, kemudian paket data akan dipilah kembali oleh Switch. Cara kerja Switch
lebif efisien daripada Router. Fungsi Switch juga sama yaitu memilah
paket-paket data untuk dikirim ke alamat tujuanya. Pada tahap
selanjutnya paket data akan masuk ke dalam Network Interface dan
mengantri untuk melewati Proxy. Proxy berfungsi sebagai perantara
untuk mengurangi beban yang ada di jaringan internet. Selain itu Proxy
juga berperan dalam keamanan data. Proxy akan membuka setiap paket data
yang masuk dam membaca URL di dalamnya. Ketika ditemukan URL yang
terlarang maka Proxy akan segera menghancurkan paket data tersebut.
Kemudian
untuk paket-paket data yang berhasil lolos dari Proxy akan melanjutkan
perjalananya. Kemudian paket-paket data akan melewati Firewall. Firewall
berfungsi untuk mencegah paket-paket data yang tidak diinginkan masuk
kedalam jaringan perusahaan serta mencegah bocornya data atau informasi
rahasia dari perusahaan. Setelah berhasil menembus Firewall, paket-paket
data tersebut akan kembali di pilah oleh Router untuk masuk ke dalam
Bandwith yang disediakan. Tidak semua paket data dapat memasuki Bandwith
yang di sediakan. Untuk paket data yang tidak berhasil masuk ke dalam
Bandwith maka akan dikirimkan permintaan untuk pengiriman paket data
kembali.
Pada
akhirnya paket-paket data tersebut telah sampai pada jaringan Internet.
Ketika paket data sampai di alamat yang dituju, paket data harus
memasuki Firewall kembali. Di dalam Firewall ini paket data yang
berbahaya seperti Ping of Death akan dihancurkan. Firewall akan membuka
jalur port. Terdapat beberapa port, misalnya port 80 yang digunakan
untuk halaman we, port 25 digunakan untuk email, dan port 21 digunakan
untuk FTP(File Transfer Protocol). Paket-paket data yang tidak sesuai
dengan kriteria port yang di tentukan akan segera di hancurkan.
Setelah
melalui perjalanan yang panjang paket data akan sampai di web server,
paket data akan dibuka satu demi satu untuk diambil datanya. Kemudian
paket data yang telah kosong akan diisi kembali untuk menyampaikan
informasi jawaban kepada si pengirim data. Paket data jawaban tersebut
akan melalui proses yang sama untuk sampai ke komputer si pengirim.
terimakasih dan jumpa lagi .......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar